Apa Itu Linux Server???

1. Pengertian Linux Virtual Server

Linux virtual server (LVS) adalah alternatif utama open-source yang menyediakan solusi untuk membuat sistem load balancing. Seperti yang ditulis di home site linux virtual server Project, Linux virtual server (LVS) adalah “a highly scalable and highly available server built on a cluster of realservers, with the load balancer running on the Linux operating sistem” Maksud dari real servers adalah mesin komputer yang benar-benar melayani request yang ada. Real server dapat dihubungkan menggunakan LAN maupun WAN yang berkecepatan tinggi. Dan mesin yang menjadi ujung tombak cluster server adalah director, yaitu berupa single server yang menghubungkan real server dengan client dari intranet maupun internet (sistem di luar cluster).


2. Linux Virtual Server dengan Tinjauan OSI Layer.

Konsep dasar jaringan tidak pernah lepas dari OSI Layer, termasuk sistem linux virtual server yang bekerja dengan cara menyeimbangkan beban jaringan. OSI terbagi menjadi tujuh lapisan yang masing-masing berisi protokol komunikasi untuk saling bertukar informasi antara dua komputer atau lebih, antara lain yaitu :
  • Lapisan Fisik (layer 1), merupakan lapisan paling bawah yang berfungsi untuk mengubat bit-bit data menjadi sinyal-sinyal listrik yang akan melewati media transmisi.
  • Lapisan Data Link (layer 2), lapisan ini menyediakan format data, pembentukan frame, pengendalian kesalahan dan arus data.
  • Lapisan Network (layer 3), tugas utama lapisan ini yaitu pengaturan pemberian alamat untuk peralatan jaringan dan mengatur hubungan lintas jaringan.
  • Lapisan Transport (layer 4), lapisan transport bertanggung jawab atas keutuhan data dalam proses transmisi.
  • Lapisan Sesi (layer 5), pada lapisan ini bertugas untuk membangun, memelihara, dan mengakhiri sesi antar aplikasi.
  • Lapisan Presentasi (layer 6), berfungsi untuk mengatasi perbedaan format data, kompresi dan enkripsi data.
  • Lapisan Aplikasi (layer 7), merupakan lapisan paling atas sebagai interface user kelingkungan OSI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebutuhan dan Spesifikasi Komputer Server

Cara Menginstal dan Mengkonfigurasi IP Address Debian CLI