Apa Yang di Maksud Dengan Server???

Seiring perkembangan jaman , komputer mengalami perubahan yang semakin signifikan. mulai dari fungsi hingga bentuknya. salah satu kegunaan komputer adalah mempermudah kita mengolah data dan menampilkannya menjadi informasi.
Data atau informasi ini di simpan dalam suatu tempat atau bisa kita sebut data server. namun tahukah anda apa itu server? dan jenisnya?. berikut sedikit penjelasan tentang pengertian server serta fungsinya.

Pengertian Server

Server merupakan salah satu contoh menjalankan perangkat lunak yang mampu menerima perintah dari klien, komputer yang mengeksekusi perangkat lunak. Server beroperasi dalam arsitektur client-server, dimana “server” adalah program komputer yang menjalankan untuk melayani permintaan dari program lain, klien mungkin berbagi data, informasi, hardware dan software.


Klien dapat menjalankan pada komputer yang sama, tetapi biasanya terhubung ke server melalui jaringan internet, WAN, dan LAN. Fungsi utama komputer dirancang sebagai server umumnya khusus dalam beberapa cara untuk tugasnya. Kadang-kadang lebih diandalkan dibandingkan komputer desktop standar. Server bisa digunakan cukup luas dalam teknologi informasi. Setiap proses komputerisasi yang berbagi sumber daya untuk satu lebih proses klien. Demikian pula perangkat lunak server web dapat dijalankan pada setiap komputer, dan laptop yang dapat memenuhi peran web server. Contoh ini adalah aplikasi server Mail Server, Web / HTTP Server, FTP Server, DHCP Server, DNS Server, dan sebagainya.

Jenis - Jenis Server


  • FTP Server : File Transfer Protocol Server untuk transfer data, dari Cient ke Client atau Client ke Server.
  • Web Server : Menyediakan konten ke web browser, Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Mail Server : Server yang bertugas untuk menangani e-mail.
  • Server Applikasi: Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.
  • DNS (Domain Name Server) : Server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya.
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : salah satu protocol pada jaringan komputer yang dapat memberikan atau meminjamkan IP address terhadap host yang berada dalam satu jaringan secara otomatis.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebutuhan dan Spesifikasi Komputer Server

Apa Itu Linux Server???

Cara Menginstal dan Mengkonfigurasi IP Address Debian CLI